Semua Berita
07 Mei 2018
Launching aplikasi pelayanan perizinan online PTSP Provinsi Kepulauan Riau (http://sip-ptsp.kepriprov.go.id) oleh Dr. H.T.S. Arif Fadillah, S.Sos, M.Si Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau, dilaksanakan hari Sabtu tanggal 5 Mei 2018 di Lapangan Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kepulauan Riau, Jl. Basuki Rahmat No 1 Tanjungpinang. Pada kesempatan ini Sekda Provinsi Kepulauan Riau juga melaunching Aplikasi Baca Kaca Puri ..
17 Januari 2018
Sehubungan dengan surat permohonan dari PT. Nikko Indonesia nomor 116/surat/Ni/2018 perihal Permohonan Penambahan item Izin Bahan Berbahaya (B2), DPMPTSP sebagai instansi yang mengelola perizinan dan non perizinan kewenangan Provinsi berdasarkan peraturan Gubernur nomor 51 tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Kepulauan Riau berkewajiban untuk memproses permohonan izin tersebut.   Permohonan ..
16 Januari 2018
Dompak, Selasa, 16 Januari 2018 Dinas Penanaman Modal dan PTSP (DPMPTSP) Provinsi Kepulauan Riau senantiasa berupaya untuk terus meningkatkan kualitas kinerja. Termasuk dalam bidang administrasi pertanggungjawaban atas semua pelaksanaan kegiatan-kegiatan di DPMPTSP. Salah satu upaya tersebut adalah dengan melaksanakan sosialisasi Administrasi Pengadaan APBD Tahun Anggaran 2018. Sosialisasi dihadiri oleh diantaranya ..
08 Januari 2018
Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Kepulauan Riau sebagai intansi penyedia layanan pelayanan publik yaitu layanan perizinan dan non perizinan sangat berkepentingan dalam pengelolaan layanan berbasis website. Dalam pelaksanaannya Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Kepulauan Riau telah melayani layanan perizinan dan non perizinan berbasis web pada tiga kementerian ..
30 Desember 2017
DinasPenanaman Modal danPelayananTerpaduSatuPintu (DPMPTSP) menggelarKonsolidasi Investasi Pengawasan dan Pengendalian Penanaman Modal 2017 yang berlangsung diSahid Hotel BatampadaSelasa-Rabu (28-29/12). Kegiatan dihadiri oleh peserta dari perusahaan dan Badan Pengusahaan Kawasan Batam, Bintan dan Karimun, serta Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepulauan Riau. Ketua Komisi II DPRD ..
13 Desember 2017
DOMPAK, 13 Desember 2017. Tim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang diwakili oleh Agung Kusnandar dan Nanang Mulyana didampingi Tim dari Inspektorat Provinsi Kepulauan Riau menghadiri Rapat Koordinasi Supervisi dan Pencegahan Korupsi di Ruang Rapat Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Kepri, Rabu (13/12). Rapat yang dihadiri oleh beberapa Kepala Bidang, Kepala Seksi dan sebagian staf ..
05 Desember 2017
Kedutaan Besar Republik Argentina menilai Batam sebagai satu daerah di Indonesia yang potensial untuk investasi. Selain wilayahnya strategis, Batam juga punya sejumlah regulasi yang mempermudah percepatan investasi. Penilaian itu disampaikan Delegasi Kedutaaan Besar Republik Argentina, Deputi Bidang Komrsil dan Perdagangan Leandro Waisman saat melakukan penjajakan investasi dengan melakukan penjajakan investasi dengan melakukan kunjungan ..
03 Desember 2017
Seluruh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Provinsi Kepulauan Riau harus berlomba-lomba terus membuat terobosan inovatif untuk menciptakan iklim investasi yang nyaman. Ketatnya persaingan antar daerah tujuan investasi yang nyaman. Ketatnya persaingan antar daerah tujuan investasi di Indonesia dan negara lain, harus dijadikan cambuk bagi Kepri untuk terus berbenah dan meningkatkan daya tarik dimata calon ..
23 November 2017
Gubernur Kepri Nurdin Basirun menetapkan Upah Minimun Kabupaten (UMK) Bintan Tahun 2018 Rp. 3.112.618. Penetapan UMK Tahun 2018 tertuang dalam Keputusan Gubernur Kepulauan Riau Nomor 1139 Tahun 2017 tentang Upah Minimun Kabupaten Bintan Tahun 2018. Ketua Dewan Pengupahan Kabupaten Bintan yang juga Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Hasfrizal handra mengatakan, UMK Tahun 2018 efektif diterapkan per 1 ..
15 November 2017
Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Kepulauan Riau telah bertrasformasi dalam usaha peningkatan pelayanan perizinan dan non perizinan. Usaha peningkatan layanan perizinan dan non perizinan tersebut adalah dengan penyediaan ruang layanan bagi pemohon yang lebih baik dan tertata.   Ruang layanan perizinan dan non perizinan tersebut didesain dengan harapan dapat memberikan pelayanan yang ..
12 November 2017
Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSPTK) Irmansyah mengaakan, masih banyak potensi di Meranti yang belum disentuh oleh investor dalam dan luar negeri. Potensi unggulan yang dimiliki Meranti diantaranya perkebunan kelapa, pakan ternak dan wisata mangrove. Irmansyah mengatakan, untuk perkebunan kelapa, petani di Meranti mampu memproduksi 27.500 ton kelapa bulat per tahun dari 31. 653 ..
09 November 2017
Tiga Peraturan Kepala  Badan Pengusahaan (PerkaBP) Batam saat dijabat Hatanto Reksodipoetro, direvisi oleh pimpinan baru yang dikepalai Lukita Dinasrsyah Tuwo. Perka yang direvisi itu dinilai memberatkan investor atau pelaku usaha, seperti Perka Nomor 10 Tahun 2017 yang mewajibkan adanya dana jaminan sebesar 10 persen dari total investasi, ke BP Batam. Selain itu juga merevisi dua perka lain yakni yang terkait lahan dan ..
09 November 2017
Mal Pelayanan Publik (MPP) Batam segera beroperasi. Rencananya, MPP yang diklaim menjadi yang terlengkap di Indonesia itu akan diresmikan Presiden Joko Widodo, awal BULAN DEPAN. Nantinya,  akan ada 340 perizinan dan pelayanan public yang bisa diurus di MPP Bata mini. “Dibandingkan daerah lain yakni DKI, banyuwangi dan Surabaya yang kami kunjungi, Mal Pelayanan Publik Batam paling lengkap dalam proses perizinannya,” ..
04 November 2017
Gallant Venture (Salim Group) segera mengembangkan industri perkapalan di Bintan. Perusahaan industri dengan Bintan Offshore Marine Centre (BOMC) tersebut akan bekerja sama dengan beberapa perusahaan perkapalan lainnya. Jamin Hidayat, senior Liaison Manager PT BIIE mengatakan, untuk merealisasikan rencana tersebut, pihaknya sudah menyiapkan lahan seluas 30 hektare di wilayahnya, Lobam. “Ya, nanti perusahaan perkapalan tersebut akan ..
02 November 2017
Aktifitas penambangan timah dan bauksit ilegal yang akhir-akhir ini marak terjadi di Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan, telah menimbulkan keresahan di masyarakat. Gubernur Kepri Nurdin Basirun meminta jajarannya mengawasi aktivitas penambangan tersebut. Ia juga minta kepada para pengusaha pertambangan di Kepri agar selalu mematuhi aturan yang berlaku.  Bagi yang tidak mengantongi izin, harus segera menghentikan aktivitas ..
02 November 2017
Prosuksi insustri manufaktur besar dan sedang di Provinsi Kepri triwulan III 2017, naik sekitar 9,36% dibanding triwulan II 2017. Capaian ini berada diatas pertumbuhan nasional, yang hanya 2,27%. Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kepri Panusunan Siregar mengatakan, ditinjau secara tahunan (year on year), pada triwulan III 2017 terjadi kenaikan produksi 3,12% dibanding triwulan III 2016. Capaian pertumbuhan di 2016 itu, Kepri berada di ..
13 Oktober 2017
Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Kepulauan Riau bekerjasama dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) melaksanakan Workshop Pemetaan Potensi Investasi Daerah di Hotel Aston Tanjungpinang, Jum’at (13/10). Workshop ini merupakan bagian dari tahapan kegiatan Pemetaan Potensi Investasi Daerah Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2017. Tahapan sebelumnya DPMPTSP Provinsi Kepri telah melakukan ..
12 Oktober 2017
Presiden RI Joko Widodo resmi menetapkan kawasan Galang Batang, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepri sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Penetapan Galang Batang sebagai KEK itu dituangkan dalam Peraturan Pemerintah (PP) nomor 42 Tahun 2017. Untuk mempersiapkan Galang Batang sebagai KEK di bintan, Dewan Nasional (Denas) KEK mengadakan pertemuan dengan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan ..
07 Oktober 2017
Badan Pengusahaan (BP) Batam menerima kunjungan investor gabungan asal Jepang, Singapura dan Malaysia. Mereka bergerak dibidang kesehatan dan beberapa diantaranya merupakan dokter-dokter ahli dari London, England. Mereka adalah Jap Le Son, Pexon, Anthony, Lawrence, Murakata, David Loh, Andre Chen, Mok Pei-Pei, Budiarto dan Kusnadi Budiman yang merupakan perwakilan dari Indonesia. Tujuan kunjungan itu, untuk mengetahui ..
07 Oktober 2017
Gubernur Kepulauan Riau, Nurdin Basirun bersama Kepala BP Batam Hatanto Reksodipoetro hadiri pelepasan ekspor perdana produk logam daur ulang PT. Esun Internasional Utama  di Kawasan Industri Sungai Harapan, Sekupang, Sabtu (7/10/2017). Hatanto mengapresiasi ekspor perdana produk recyling manufacturing dari sumber daur ulang peralatan elektronik yang dilakukan PT. Esun Internasional Utama. Menurutnya, tugas ..
04 Oktober 2017
Dua investasi berskala besar akan menyerap 5.000 tenaga kerja di Kabupaten Bintan . Yakni Bandara Bintan Aviation Investment yang dibangun Group gallant Venture Ltd di Desa Busung Kecamatan Seri Kuala Lobam dan Kawasan Ekonomi Khusus di Galang Batang, Kecamatan Gunung Kijang yang dikelola oleh PT Bintan Alumina Indonesia (BAI). Ini diungkapkan Bupati Bintan Apri Sujadi di kantornya, Bandar Seri Bentan, di Bintan Buyu, rabu ..
01 Oktober 2017
Sejumlah pengusaha Kairo, Mesir menyatakan tertarik menanamkan modalnya di berbagai sektor di Kabupaten Karimun. Saat ini, beberapa pengusaha sedang mengurus perizinannya.  “Mereka akan buka perusahaan modal asing disini. Saya jamin, segala sesuatu yang menjadi kewenangan daerah akan diberikan dan dipermudah. Mereka tertarik untuk bidang manufaktur dan perdagangan, jadi importir. Nanti akan ada salah satu produk Karimun atau ..
21 September 2017
Pemko Batam ikut menanggapi rencana investor Tiongkok ikut mengembangkan sektor agrobisnis di Batam. Bahkan pemko sudak menyiapkan dua pulau bagi investor asal Negeri Tirai Bambu itu dengan system pinjam pakai. “Asalkan mereka memenuhi regulasi yang tengah kami siapkan,” kata Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad , Kamis(21/9/2017). Kedua pulau tersebut masing-masing Pulau Kanon dan Pulau Subang Mas. Menurut Amsakar ..
19 September 2017
Pemerintah China menilai Kepri sangat prospektif bagi investasi. Sejumlah investor dari negeri tirai bamboo ini ingin meningkatkan investasinya. Konsulat Jenderal (Konjen) China di Medan, Sun Ang mengatakan, pihaknya sudah meninjau beberapa tempat investasi di Kepri, khususnya Batam. Kendala yang saat ini masih dirasakan para investor China dalam meningkatkan investasinya di Kepri adalah berbelitnya regulasi yang sangat ..
19 September 2017
Group perusahaan Tidal Bridge asal Belanda melakukan penjajakan kerjasama untuk pembangkt listrik tenaga arus laut di Batam. Beberapa hari lalu perwakilan grup perusahaan bersama Badan Pengkajian dan penerapan Teknologi (BPPT) berkunjung ke BP Batam menyampaiakan niatnya itu. “Mereka ingin mencari potensi listrik tenaga arus laut di Kepri,” kata Deputi IV BP Batam, Purba Robert M Sianipar, Selasa (19/9) di ..
18 September 2017
Proses penerbitan perizinan berusaha di pemerintah pusat dan daerah akan terintegrasi sebagai bagian dari percepatan pelaksanaan berusaha di Batam. Agar benar-benar berjalan, investor akandikawal sejak mengurus izin sampai bisa beroperasi. Langkah itu diharapkan dapat memberikan kepastian waktu dan biaya dalam proses perizinan serta meningkatkan koordinasi dan sinkronisasi kementerian /lembaga (K/L) dan pemerintah daerah sesuai ..
12 September 2017
Gubernur Kepri Nurdin Basirun menyambut baik rencana Singapore Cruise Center(SCC) menjadikan Letung, Kabupaten Anambas sebagai salah satu tujuan kapal pesiar mereka. Pesona Wisata di kawasan ini, siyakini akan membuat wisatawan ingin dating dan dating lagi. “Kami berharap rencana ini trerealisasi. Pariwisata di Anambas begitu mempesona. Pantai dengan hamparan pasir putih yang panjang, air terjun yang langsung tumpah ke laut. ..
11 September 2017
Investasi Rp 500 Miliar Rekrut 500 Pekerja Pembangunan Hotel Sahid Eminence Group, Hotel Melia Bintan Indonesia, dimulai hari  ini, Senin (11/9) yang akan ditandai dengan peletakan batu pertama di kawasan pantai wisata Sakerah, Bintan Utara. Pelatakan batu pertama rencananya akan dilakukan Bupati Bintan, H Apri Sujadi dan Zaid Mahdani selaku owner (pemegang saham) Hotel Sahid Eminence Group. Hotel Sahid Eminence ..
10 September 2017
CASSIA, satu resor mewah yang dibangun oleh grup Laguna Bintan, kini resmi beroperasi dan menerima tamu hotel. Resor bernilai investasi sebesar 31 juta dolar Amerika (USD) ini, memiliki konsep untuk wisata kaula muda, dan memerlukan 184 orang bekerja. Alpha Eldiansyah, General Manager(GM ) selaku pengelola Banyan Tree selaku pengelola Cassia menjelaskan, selama ini resor di kawasan Lagoi memberikan nuansa liburan keluarga dan bulan ..
06 September 2017
Gubernur Kepri Nurdin menyakinkan pemerintah Jepang bahwa berinvestasi di Kepri akan saling menguntungkan. Nurdin meminta mereka mengajak pengusaha lain melakukan pengembnagan usaha dan menanamkan modal barunya di daerah ini. “Ajak kawan-kawan di Jepang berinvestasi di sini. Di Kepri, masih banyak peluang yang menjanjiakan,” kata Gubernur Nurdin saat menerima kunjungan Takeshi ISHII, Konsulat Jenderal Jepang yang ..
04 September 2017
HMD Global Gandeng Sat Nusa Batam menjadi penanda sejarah kembalinya ponsel merek “legendaris” Nokia di pasar Tanah Air. HMD Global selaku pemegang lisensi Nokia resmi memulai produksi smartphone Nokia di Sat Nusapersada, Senin(4/9). Nokia yang sempat merajaipasar ponsel dunia memilih PT Sat Nusapersada untuk memproduksi smartphone. HMD Global pun mengumumkan telah memenuhi persyaratan Tingkat Kandungan Dalam ..
04 September 2017
Urus Kuota ke Kementerian Perdagangan Kabar gembira bagi penambang bijih bauksit. Kini, pemerintah sudah mebuka keran impor bauksit tanpa harus diolah dismelter atau bauksit mentah. Namun untuk mengekspor bauksit tidak segampang selama ini. Pemerintah memberi syarat yang tidak mudah. Mislnya harus mengurus kuota ekspor ke Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI. Membangun smelter hingga kadar pencucian yang tinggi. Kepala ..
31 Agustus 2017
batampos.co.id – Presiden ketiga RI, BJ Habibie, meyakini masa depan perekonomian Batam masih sangat cerah dan menjanjikan. Ia percaya, perlambatan ekonomi di Batam saat ini tidak akan berlangsung lama. Sebab Batam merupakan daerah tujuan investasi yang diincar berbagai negara.   Habibie mengatakan, negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura memiliki kontribusi besar terhadap pembangunan dan investasi di Batam. Ia ..
31 Agustus 2017
batampos.co.id – Sekretaris daerah (Sekda) Provinsi Kepri TS Arif Fadillah berharap Singapura terus berinvestasi di Kepri. Beberapa rencana investasi diharapkan segera terealisasi.   “Hubungan Kepri dan Singapura semakin bagus. Kita ingin hubungan yang semakin baik ini memberi manfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata Arif saat memghadiri peningkatan statun Konsul Singapura menjadi Konsul Jendeal di ..
30 Agustus 2017
 Sebanyak tiga perusahaan konsorsium bidang terminal penampungan minyak atau oil storage terminal menanamkan investasi Rp2,2 triliun di Pulau Asam, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau (Kepri). Hal ini diharapkan memberi efek positif bagi perekonomian daerah setempat. "Ada tiga perusahaan dalam konsorsium untuk membangun 50 oil storage terminal di Pulau Asam dengan luas lahan 357 hektare dan nilai investasi Rp2,2 triliun," kata ..
25 Agustus 2017
SINGAPURA – Pemerintah Singapura masih menempatkan Provinsi Kepri sebagai prioritas investasi negara tersebut di Indonesia. Apalagi wilayah Singapura dan Kepri sangat dekat dalam berbagai hal. “Tidak ada daerah lain yang diprioritaskan seperti Kepri,” ungkap Beh Swan Gin, Chairman Singapore Economic Development Board (EDB) usai bertemu dengan Gubernur Kepri Nurdin Basirun di Kawasan Kampung Glam, Singapura, Kamis ..
23 Agustus 2017
Usaha peningkatan pelayanan publik instansi pemerintah pada saat ini sedang giat-giatnya digalakkan, instansi – instansi pelayanan publik pemerintah didorong untuk dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Kepulauan Riau sebagai salah satu instansi pemerintah yang menyelenggarakan pelayanan publik yaitu melalui pelayanan perizinan dan non ..
11 Agustus 2017
BI Dorong Pemda di Kepri Mempercepat Realisasi Belanja ModalBank Indonesia (BI) Wilayah Provinsi Kepri mendorong seluruh pemerintah daerah (pemda) di Provinsi Kepri mempercepat belanja modalnya agar dapat menstimulus pertumbuhan ekonomi Kepri yang tengah merosot. Kepala BI Kantor Perwakilan Provinsi Kepri, Gusti Raizal Eka Putra, mengatakan, hingga semester I-2017, belanja modal pemerintah kota/kabupaten termasuk Pemprov Kepri baru mencapai ..
10 Agustus 2017
Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) menggelar sosialisasi Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Lingkup PTSP 2017 se-Provinsi Kepri yang berlangsung di Hotel Novotel Batam pada Kamis (10/8). Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Kepri, H. Azman Taufik, menyambut baik terlaksanannya kegiatan tersebut, pada acara tersebut Azman mengatakan dengan meningkatkan kualitas ..
08 Agustus 2017
BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM- Satuan Tugas Penanganan Dugaan Tindakan Melawan Hukum di Bidang Penghimpunan Dana Masyarakat dan Pengelolaan Investasi atau Satgas Waspada Investasi meminta masyarakat mewaspadai kegiatan UN Swissindo yang berdalih menawarkan janji pelunasan kredit. "Operasional UN Swisindo sudah menyebar ke berbagai daerah termasuk Bali. Jadi kami harapkan masyarakat tidak tergiur mengikuti penawarannya karena kegiatan yang ..
06 Agustus 2017
BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BINTAN-Berdasarkan data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Realisasi Investasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) di Kepulauan Riau per Januari sampai Juni 2017 senilai Rp 286, 7 miliar. Nilai ini akumulasi dari 98 proyek yang tersebar di Kabupaten/Kota di Kepri. Kabupaten Bintan salah satunya. Dari 34 provinsi di Indonessia, nilai realiasi investasi dari Penanaman modal dalam negeri atau PMDN di Kepri berada pada ..
02 Agustus 2017
BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Kepala OJK Provinsi Kepri, Uzersyah mengungkapkan, peresmian gedung OJK Kepri di Batam bertujuan untuk memudahkan pelayanan yakni berperan sebagai tempat layanan terpadu bagi masyarakat. "Kami punya komitmen untuk pencegahan investasi ilegal. Ada satgas waspada investasi," kata Uzersyah saat persemian kantor OJK Kepri di Kompleks Kara Junction Blok C Nomor 1-2 Batam Center, Jumat (7/7/2017). Saat ini, ..
01 Agustus 2017
BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Pengusaha di Kepulauan Riau bakal mengadukan permasalah investasi di Batam, Kepulauan Riau, ke mantan Ketua Otorita Batam B.J. Habibie. Agenda pertemuan pengusaha dengan B.J.Habibie itu akan digelar di Harris Hotel Batam Centre pada 28 April 2017. “Kita akan membeberkan permasalah Batam ke Pak Habibie, agar bisa disampaikan langsung ke Presiden,” ujar Akhmad Ma’ruf Maulana, Ketua Kadin Kepulauan ..
01 Agustus 2017
TEMPO.CO, Jakarta - Singapura merupakan investor penting di Indonesia. Walau begitu, kata Menteri Luar Negeri Singapura, Vivian Balakhrisnan, masih banyak hal yang perlu diperbaiki Indonesia agar arus investasi lebih deras, dalam hal ini di Batam, Kepulauan Riau. "Kami juga sulit menjelaskan kepada para pengusaha yang berniat menanamkan modalnya di Kepri. Mereka selalu ragu-ragu untuk investasi di Kepulauan Riau. Karena kedua wilayah ..
06 Juni 2017
Selama tiga setengah abad Belanda menduduki Indonesia, misi awal Belanda adalah untuk perd agangan yang akhirny berujung pada kolonialisme Belanda di Nusantara. Peristiwa bersejarah tersebut yang membuat bangsa Indonesia memiliki kedekatan emosional dengan negara Belanda. Pasca kemerdekaan Indonesia, terjadi migrasi besar-besaran penduduk Indonesia ke Belanda dalam rentang tahun 1945 hingga pertengahan tahun 1960. Kebanyakan ..
19 Mei 2017
Secara umum kondisi PTSP di daerah antara lain standar pelayanan perizinan dan non perizinan belum sepenuhnya mengacu kepada ketentuan peraturan perundangan yang berlaku. Sampai saat ini kewenagan perizinan dan non perizinan belum sepenuhnya didelegasikan kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). Begitu juga dengan Kualitas dan kuantitas Sumber Daya Manusia (SDM) penyelenggara PTSP yang belum ..
16 Mei 2017
ANAMBAS – Tiga investor berencana membangun resort di Pulau Jemaja usai hadir di Festival Padang Melang. Pemkab Anambas berjanji mempermudah perizinan demi menyambut rencana investasi itu. Kepala Dinas Penanaman Modal, PTSP, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Anambas, Yunizar, mengatakan investor itu telah meninjau lokasi yang akan dibangun resort. Tiga investor itu terdiri dari dua pemodal dalam negeri dan satu dari Hongkong. ..
12 Mei 2017
batampos.co.id – Pemerintah dan pengusaha di Provinsi Kepri sepakat untuk mempromosikan potensi-potensi yang ada di Kepri ke mata Dunia khususnya ke negara Asean pada China Asean Expo ke 14 yang akan digelar di Nanning, Tiongkok yang rencananya akan dilaksanakan pada September 2017 mendatang.   Kesapakatan ini disampaikan pada acara sosialisasi pengenalan China Asean Expo ke 14 yang digelar di hotel Best ..
03 Mei 2017
Kota Bali sebagai Kota Wisata bagi turis lokal maupun mancanegara, wisata kuliner, wisata rekreasi dan wisata investasi yang menjanjikan, maka dari itu, salah satu daerah yang dituju untuk mempromosikan potensi daerah Wilayah Provinsi Kepulauan Riau.   Partisipasi kabupaten/Kota Bidang Penanaman Modal se- Provinsi Kepulauan Riau ikut mengisi dan hadir dalam pameran Produk Unggulan dan Khas Daerah 2017  di Bali yang ..
02 Mei 2017
BATAM – Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat realisasi investasi penanam modal asing (PMA) di Kepri pada triwulan pertama 2017 mencapai USD275,7 juta. Realisasi ini menempatkan Provinsi Kepri di urutan ke-7 setelah Jawa Barat, DKI Jakarta, Papua, Jawa Tengah, Banten, dan Kalimantan Timur. Sementara realisasi investasi penanam modal dalam negeri (PMDN) di Kepri hanya Rp103,53 miliar atau berada di urutan ke-27 dari ..
25 April 2017
Menggeliatnya investasi di kawasan perdagangan bebas dan pelabuhan(FTZ) Karimun tidak lepas dari kepuasan yang dirasakan pengusaha akan layanan administrasi birokrasi yang cepat, transparan dan tanpa dipungut biaya. Seperti yang dikatakan Yod Effendi, General Affair Manager PT Oil Tanking , perusahaan penyimpanan bahan bakar minyak(BBM) asal Jerman. Yos mengaku pihaknya sangat puas atas layanan yangdiberikan   pemerintah ..
25 April 2017
BATAM (HAKA) – Gubernur H Nurdin Basirun langsung menjual pesona bahari Kepulauan Riau begitu bertemu dengan yatcher pada acara Singapore Yacht Show di Marina Sentosa, (9/4/2017). Menurut Gubernur, tak salah menjadikan Kepri sebagai pintu gerbang wisata bahari Indonesia. “Inilah Kepri dengan segala pesona baharinya. Tak salah kalau poros maritim Indonesia ada di Kepri,” kata Nurdin, saat meninjau UNBK di ..
25 April 2017
Dalam acara Update From The Region yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Kepulauan riau bekerjasama dengan Kementerian Luar Negeri di Lantai 2 Kantor Kemenlu Jakarta Gubernur Kepri H. Nurdin Basirun mengundang para duta besar(Dubes) dari negara-negara sahabat untuk Indonesia yang berdomisili di Jakarta untuk datang ke Kepri. Gubernur Kepri berjanji akan memberikan pelayanan maksimal termasuk membawa dubes dan pengusaha ..
25 April 2017
JAKARTA - Berpedoman pada UU no 23 Tahun 2014, Kementerian Dalam Negeri(Kemendagri) bertekad untuk membatalkan Peraturan Daerah(Perda) yang menghambat investasi. Menurut Kepala Biro Hukum Kemendagri, Widodo Sigit Pujianto, keputusan Mahkamah Konstitusi(MK) dalam putusan No.137/PUU-XIII/2015 tidak membuat kewenagan Kemendagri mandul. Widodo menyatakan, putusan MK tersebut hanya membatalkan Pasal 251 ayat 2,3,4 dan 8. ..
25 April 2017
KARIMUN – Beberapa perusahaan Batam ternyata telah berinvestasi di Karimun. Bahkan saat ini ada investor asal Batam sedang mencari lahan di Karimun untuk perusahaan galangan kapal. Kepala Badan Pengusahaan(BP) Kawasan Karimun Cendra Nawazir mengatakan pihaknya akan terus membuka pintu investasi. Meski saat ini lahan pinggir pantai di kawasan FTZ Karimun telah penuh, namun BP Kawasan Karimun tengah mensiasati kerjasama antar ..
25 April 2017
KARIMUN - Ketrsediaan lahan untuk didirikannya industri galangan kapal atau shipyard di Karimun sudah tidak ada atau habis. Sebagaimana yang disampaikan oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Satu Pintu(DPMPTSP), Sularno(6/4). “Data yang kita miliki, jika ada pemodal yang ingin berinvestasi di industry galangan kapal di Karimun, saat ini sudah tak ada lagi lahan untuk itu. Biasanya kan untuk didirikan usaha shipyard ..
25 April 2017
KARIMUN - Ketrsediaan lahan untuk didirikannya industri galangan kapal atau shipyard di Karimun sudah tidak ada atau habis. Sebagaimana yang disampaikan oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Satu Pintu(DPMPTSP), Sularno(6/4). “Data yang kita miliki, jika ada pemodal yang ingin berinvestasi di industry galangan kapal di Karimun, saat ini sudah tak ada lagi lahan untuk itu. Biasanya kan untuk didirikan usaha shipyard adalah lahan ..
25 April 2017
Duta Besar(Dubes) Republik Indonesia untuk Singapura, HE I Gede Ngurah Swajaya berkunjung ke Karimun, Rabu(5/4). Kunjungan Dubes Ngurah Swajaya ke Karimun ingin melihat secara langsung potensi dan peluang investasi yang dimiliki oleh Karimun agar dapat dipromosikan ke para pengusaha di Singapura. Bupati Karimun, Annur Rafiq  yang menyambut langsung kehadiran Dubes Ngurah Swajaya menyampaikan bahwa Karimun sudah memiliki ..
25 April 2017
Sebagai rangkaian kegiatan Pameran Dalam Negeri Bidang Promosi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Kepulauan Riau, kali ini Surabaya menjadi tujuan berikutnya yang dikemas dalam kegiatan Surabaya Trade Invest Expo berlangsung pada tanggal 20 April sampai  24 April 2017. Kota Surabaya selain merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia, masyarakatnya juga banyak yang berinvestasi di Kepulauan Riau ..
16 April 2017
Kabupaten dan kota di Indonesia diberi kewenangan untuk mengelola sumber daya dan kekayaannya dengan kemampuan dan kekuatan yang dimiliki masing-masing. Otonomi daerah juga menempatkan kabupaten dan kota sebagai pusat-pusat pertumbuhan. Investasi merupakan motor utama pertumbuhan ekonomi daerah. Karena itu setiap daerah telah merancang berbagai penawaran tentang potensi daerah kepada calon investor untuk menanamkan ..
30 Maret 2017
Untuk memberikan pembinaan kepada penanam modal tentang  laporan dan tata cara penanaman modal yang tersebar di kabupaten  dan kota se Provinsi Kepri.  Seksi Pembinaan Pelaksanaan Penanaman Modal Bidang Pengawasan dan Pembinaan Penanaman Modal Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Kepri melaksanakan Kegiatan Sosialisasi Perka Nomor 17 Tahun 2015 di Hotel Aston Tanjungbalai Karimun, pada ..
28 Maret 2017
Kepercayaan pemerintah pusat terhadap pemerintah daerah Provinsi kepulauan Riau untuk lebih meningkatkan pertumbuhan Ekonomi melalui pemberian satus FTZ di Batam, Bintan dan Karimun memicu Pemerintah daerah Provinsi Kepulauan Riau untuk berbuat lebih dalam pelaksanaan wewenang tersebut. Seluruh intansi pemerintah terkait berusaha memberikan  daerah Provinsi Kepulauan Riau untuk berbuat lebih dalam pelaksanaan wewenang tersebut. Seluruh ..
03 Maret 2017
Sebagai tindak lanjut dari keberhasilan ‘The Regional Investment Forum 2016’ yang diselenggarakan di Palembang, Provinsi Sumatera Utara, Badan Koordinasi Penanaman Modal(BKPM) kembali menyelenggarakan ‘The Rigional Investment Forum (RIF)2017’ di Bali Nusa Dua Convention Centre(BNDCC), Nusa Dua, Bali pada bulan February 2017 dengan tema utamanya mempromosikan  Investasi Sektor Pariwisata dan ..
27 Februari 2017
Pemerintah telah mengupayakan berbagai strategi dan menyediakan kemudahan-kemudahan investasi untuk meningkatkan daya saing tujuan investasi di Indonesia. Salah satu kemudahan yang saat ini menjadi intrumen penting untuk dapat menarik lebih banyak investor untuk menanamkan modalnya di Indonesia adalah dengan meluncurkan paket kebijakan ekonomi terkait investasi dengan program Kemudahan Layanan Investasi Langsung Konstruksi ..