ARTIKEL
 
BERITA
LAUNCHING APLIKASI PELAYANAN PERIZINAN ONLINE PTSP PROVINSI KEPULAUAN RIAU (http://sip-ptsp.kepripro
07 Mei 2018

Launching aplikasi pelayanan perizinan online PTSP Provinsi Kepulauan Riau (http://sip-ptsp.kepriprov.go.id) oleh Dr. H.T.S. Arif Fadillah, S.Sos, M.Si Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau, dilaksanakan hari Sabtu tanggal 5 Mei 2018 di Lapangan Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kepulauan Riau, Jl. Basuki Rahmat No 1 Tanjungpinang.


Pada kesempatan ini Sekda Provinsi Kepulauan Riau juga melaunching Aplikasi Baca Kaca Puri yang digagas oleh Dinas Perpustakaan Provinsi Kepulauan Riau selaku Tuan Rumah.


Acara launching dihadiri oleh Kepala OPD lingkup Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan. Tokoh Masyarakat, Penemu Aplikasi Baca Kaca Puri, Perwakilan Pihak Perusahaan selaku pengguna aplikasi pelayanan perizinan online dan masyarakat peserta jalan sehat. Acara launching diawali dengan jalan sehat yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kepulauan Riau, kemudian laporan ketua pelaksana oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kepulauan Riau, Sambutan Sekda Provinsi Kepulauan Riau sekaligus melaunching 3 aplikasi yaitu : Aplikasi Baca Kaca Puri, Aplikasi Kearsipan dan Aplikasi Pelayanan Perizinan Online. Launching secara simbolik dengan menekan tombol sirine dan pelepasan balon.


Dalam sambutannya khusus mengenai aplikasi perizinan beliau mengatakan bahwa aplikasi perizinan online ini dapat menjawab amanat dari Peraturan Presiden Nomor 97 Tahun 2017 tentang Percepatan Pelaksanaan Berusaha, dimana proses perizinan yang selama ini memakan waktu cukup lama bahkan berbulan-bulan dapat lebih diefisienkan lagi dengan pelayanan online, kemudian aplikasi ini juga mendukung kinerja Satgas Percepatan Berusaha Provinsi Kepulauan Riau dalam rangka mengawal proses perizinan yang menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau. Diharapkan proses perizinan yang cepat akan menambah daya tarik investor untuk berinvestasi di Provinsi Kepulauan Riau. Investasi yang meningkat akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di wilayah Provinsi Kepulauan Riau khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Kemudian Sekda juga menyampaikan bahwa peluncuran aplikasi pelanan perizinan online ini adalah salah satu tindaklanjut dari Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 2017 tentang Inovasi Daerah yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja Pemerintah Daerah dan sesuai dengan arahan Gubernur Kepulauan Riau bahwa satu OPD satu inovasi.